jump to navigation

Asal Mula Gelar Kebangsawanan Palembang Darussalam (2) May 28, 2010

Posted by anandakemas in Sejarah Palembang Darussalam.
Tags:
trackback

Selain gelar untuk para pemegang kekuasaan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Palembang juga ada gelar-gelar kebangsawanan lain yang masih menunjukkan hubungan antara pemilik gelar tersebut dengan kalangan penguasa baik melalui hubungan keturunan maupun hubungan saudara.

Diantara gelar tersebut adalah sebagai berikut:

• Masagus disingkat (Mgs) gelar laki-laki dan Masayu (Msy) gelar wanita.

Gelar Masagus (Mgs) berarti berharga banyak. Gelar ini diperkirakan mulai muncul dan dibakukan di zaman kekuasaan Sultan Muhammad Mansyur Jayo Ing Lago. Bahwa apabila para Pangeran atau Raden menikah dgn wanita yang tdk memiliki gelar atau berasal dari golongan rakyat maka anak-anaknya kelak diberikan gelar Masagus dan Masayu.

• Kiagus disingkat (Kgs) gelar laki-laki dan Nyayu (Nya) gelar wanita.

Kiagus asalnya Ki Bagus, singkatan dan Kyai Bagus, sebuah gelaran yang diberikan Sultan Demak pada seorang Ulama asal negeri Arab (keturunan Hadramaut) yang bernama Abdurrohman bin Pangeran Fatahillah. Setelah Kiai Bagus menikah dengan seorang salah seorang keluarga Keraton juga diberi gelar Bodrowongso (ada versi lain Bondowongso) dan isteri Kyai Bagus dipanggil dengan sebuatan Nyai Ayu, disingkat Nyiayu, dan di Palembang sering disebut dengan Nyayu.

Kyai Bagus Abdurrohman ini ditenggarai hijrah ke Palembang pada gelombang kedua setelah rombongan pertama yang dipimpin oleh Pangeran Sedo Ing Lautan. Ia mengabdi menjadi Panglima Pasukan Kerajaan Palembang di masa kekuasaan Pangeran Sedo Ing Kenayan. Ketika terjadi huru hara yang menyebabkan terbunuhnya Pangeran Sedo Ing Kenayan beserta seluruh anggota keluarganya akibat ulah Jaladeri, Kyai Bagus Abdurrohman menjadi pahlawan yang berhasil membalaskan dendam keluarga Kerajaan dengan membunuh Jaladeri.

Sebetulnya pada waktu itu Kyai Bagus Abdurrohman memiliki kesempatan untuk menjadi penguasa Kerajaan Palembang, mengingat tidak tersisa lagi keturunan dari penguasa sebelumnya. Namun karena ia khawatir bahwa keturunannya kelak akan saling berebut kekuasaan maka tampuk kepemimpinan beliau serahkan kepada saudara misan Pangeran Sedo Ing Kenayan yaitu Pangeran Muhammad Ali (Sedo Ing Pasarean).

Atas dasar jasanya tersebut, lalu diamanahkan oleh penguasa Palembang kepada para keturunannya untuk selalu menghormati keturunan dari Kyai Bagus Abdurrohman dan menganggap mereka sebagai keluarga sendiri.

Dalam catatan yang kami temukan, Kyai Bagus Abdurrohman diketahui memiliki beberapa orang putra, diantaranya adalah:

1. Ki Panggung
2. Ki Mantuk
3. Kiagus Muhammad (Khalifah Gemuk)
4. Kiagus Abdul Ghani
5. Ki Bodrowongso Mudo

Dari catatan tersebut, yang diketahui menurunkan zuriat Kiagus adalah dari jalur Kiagus Muhammad (Khalifah Gemuk). Sementara putra-putra Kyai Bagus Abdurrohman yang lain kami masih belum menemukan catatannya.

Catatan: Ada beberapa tulisan sejarah yang menceritakan bahwa gelar Masagus dan Kemas juga berasal dari jalur keturunan Kyai Bagus Abdurrohman. Tapi dari beberapa naskah catatan yang kami temukan tidak terdapat bukti bahwa ada keturunan Kyai Bagus Abdurrohman yang bergelar Masagus ataupun Kemas.

Kyai Bagus Abdurrohman diketahui juga memiliki kakak kandung yang bernama Kyai Mas Abdul Aziz (Tumenggung Nagawangsa) bin Pangeran Fatahillah. Kelak dari jalur Kyai Mas Abdul Aziz ini juga menurunkan gelar Kemas dan Nyimas di Palembang.

Catatan: Selain gelar Kiagus yang diturunkan dari jalur Kyai Bagus Abdurrohman terdapat juga jalur lain. Silahkan baca artikel saya yang berjudul “Nasab Keluarga Besar Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam”.

——————————————————————————————–

Oleh: Megatian Ananda Kemas, S.psi

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber

About these ads

Comments»

1. Dedhy Kasamuddin - May 28, 2010

Assalamu ‘alaikum mas,

Saya abis mampir di BLog mas, wahh.. sangat bagus dan bermanfaat apalagi seperti pemula kayak saya.

Dan betapa senangnya apabila mas, mau juga mampir di BLog saya :D

Ini alamat blog terbaru saya http://baru2.net

Salam kenal,
Dedy Kasamuddin

2. tedyfabian - March 3, 2011

aku baru tau kalau aku bergelar ki agus…kakek aku namonyo ki agus Abusama terus kawin nak wong semidang ( lahat )..bapak aku kawin nak wong gumai (lahat)..tapi kato mamak aku dari sila2 aku bergelar ki agus..terimo kasih informasi tentang sejarah kesultanan palembang sangat membantu aku untuk tahu asal usul kakek buyut aku..

anandakemas - March 10, 2011

mohon diperiksa kembali jalur keturunan keluarga anda. karena setahu saya, penulisan gelar “ki agus” ini bukan berasal dari wilayah palembang melainkan dari belitung. sedangkan sejarah yang saya tuliskan di atas adalah sejarah asal muasal keturunan palembang yang lazim menuliskan gelarnya dengan sebutan “kiagus”.

3. deden - March 30, 2011

Assalamu’alaikm wr.wb
sebelumnya Terimokasih infonya,
saya ini d ijazah saya dituliskan kgs.deden hidayat dari abah saya ( dari palembang-muara klingi ) kgs.Matcik Hamid bin KH. kgs.Abdul Hamid.
saya lahir dan besa di tanah Jawa barat karna Ibu saya berasal dari Jawa Barat ( sunda).
Mohon maaf saya kurang pa’ca bahasa Palemang ( hanya sedikit )
mau bertanya kira2 di atas kakek saya itu siapa Ya?
Apa betul dalam diri sy mengalir Darah Ki Bagus ?” Subhanallah”
Semoga sy pribadi, bisa menjaga nama baik KGS.yg di sematkan Alm. Abah Sy dalam nama saya. Amiin
Wassalamu’alaikm

anandakemas - April 29, 2011

Wa’alaikumussalam wr wb

Terimakasih sebelumnya karena Anda telah bersedia mampir dan membaca sejarah keturunan Palembang.

Mengenai gelar Kiagus, tidak semuanya berasal dari jalur keturunan Kyai Bagus Abdurrohman bin Pangeran Fatahilah/Fadhlullah Khan/Tubagus Pasei. Jadi sebaiknya Anda telusuri kembali jalur keluarga Anda dengan mendatangi daerah asal kakek atau buyut Anda dan mencari keterangan dari sana.

Wassalam

4. alif - September 6, 2011

Assalamu’alkm..
sebelumnya terima kasih ats infonya..
saya mw nanya, ayah dan ibu saya ad glr R dan R.A., trz turun ke anak2x..
sekarang saya telah menikah dg wanita yg bkn keturunan Palembang (keturunan Jawa), apakah nanti anak2 saya dpt mengenakan glr R atw tidak?
terima kasih ats penjelasannya..

anandakemas - June 9, 2012

Selama Anda bisa membuktikan bahwa garis keturunan ayah kandung Anda dari jalur laki-laki ke atasnya juga bergelar Raden, maka Anda bisa menyematkan gelar tersebut kepada anak kandung Anda. Tentunya jika proses pernikahan Anda sudah sesuai dgn syar’I.

Salam

5. Thom - December 26, 2011

Ass,

Perkenalkan nama saya Thomas Kusuma W..saya memang tidak ada gelar di depan nama saya..namun begitu sewaktu saya dan ibunda berziarah ke makam tengkurap (makam Raja-raja Palembang), saya dan ibunda tiba-tiba langsung di vonis oleh sang Juru Kunci bahwa saya dan ibu masih keturunan Palembang Darussalam..

pertanyaan saya, adakah secara kebatinan metafisika yang mencirikan seseorang yang keturunan Kesultanan P.D apabila dilihat dari Kaca Mata ilmu Linuwih?

Terima Kasih.

Ass,

anandakemas - June 9, 2012

Maaf, hubungan nasab tidak bisa dibuktikan dengan cara metafisika.

6. dedy ardiansyah - February 22, 2012

saya kgs. dedy ardiansyah di Banjarmasin, kami ucapkan terimakasih atas informasinya sekarang kami jadi tau atas asal-usul gelar palembang, memang sesuai dengan cerita singkat orang tua juriat kami banyak di daerah tanggu buntung/ tepatnya di mesjid suro dan sebrang ulu Palembang. mudah-mudahan yang punya gelar kesultanan palembang dibuatkan satu komunitas supaya tidak kehilangan juriatnya, tentunya pada masa-masa sekarang yg sudah semakin menghilang / buram tentang hal tersebut. Setelah baca kami bangga akan gelar tersebut mudah-mudahan kami bisa mempertahankan

anandakemas - March 6, 2012

Sama-sama. Boleh saya tahu Anda dari keturunan mana dan berasal dari guguk mana di Palembang? Tolong balas melalui email saya ananda_kemas@yahoo.co.id

7. kanzunQALAM - June 9, 2012

sekedar tambahan…

yang merupakan saudara misan (sepupu) Pangeran Muhammad Ali (Sedo Ing Pasarean) bukanlah Pangeran Sedo Ing Kenayan, melainkan istri dari Pangeran Sedo Ing Kenayan, yang bernama Ratu Sinuhun….

Ratu Sinuhun sendiri didalam sejarah dikenal sebagai penulis Kitab Simbur Cahaya, merupakan kitab undang-undang hukum adat, yang berlandaskan kepada ajaran Islam….

Sumber :
Ratu Sinuhun, Feminis Nusantara dari abad ke-17M
http://kanzunqalam.wordpress.com/2012/06/08/ratu-sinuhun-feminis-nusantara-dari-abad-ke-17m/

kanzunQALAM - June 9, 2012

Ralat…

Dikarenakan Pangeran Muhammad Ali (Sedo Ing Pasarean) dan Ratu Sinuhun, adalah saudara kandung, jadi Pangeran Sedo Ing Kenayan merupakan misan (sepupu) mereka berdua…

anandakemas - June 9, 2012

Ya benar, Ratu Sinuhun adalah adik kandung dari Pangeran Sedo Ing Pasarean.. Berikut detailnya:

Tumenggung Manco Negaro dgn Nyi Gede Ing Pembayun memiliki 4 orang anak. Namun selain itu masing-masing dari mereka memiliki juga anak dari pernikahan mereka terdahulu.

Kalau boleh tahu antum ini siapa yah?.

8. masagus fikri - June 13, 2012

Ass. Saya mau nanya catatan diatas yng bener masagus keturunan Kyai bagus abdulrrohman pa bukan soalnya dari catatan naska diatas tdak ada nama mgs d kemas

anandakemas - June 21, 2012

Salam. seperti yang saya sampaikan di atas, kami belum mendapatkan bukti bahwa ada keturunan Kyai Bagus Abdurrohman yang bergelar Masagus dan Kemas.

9. Mgs Faisal - July 10, 2012

Salam.
saya dari keluarga bergelar masagus dan apakah ada silsilah dari keluarga besar masagus.
terima kasih.

anandakemas - August 31, 2012

Salam

Saya memegang beberapa catatan keturunan keluarga Masagus. Silahkan hubungi saya secara langsung melalui email jika ada yang hendak didiskusikan.

Alamat email saya di ananda_kemas@yahoo.co.id

Terimakasih

Mas Agus Muhammad Fahmi Fauzi - October 29, 2012

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan Hormat,
Dengan ini Saya sampaikan perkenalan Saya dan cerita pendek pada kesempatan pertama karena Saya juga sangat tertarik sekali akan garis keturunan Kesultanan Palembang.
Perkenalkan Nama Saya Mas Agus Muhammad Fahmi Fauzi bin Mas Agus Ismed Effendi yang lahir di Jakarta.
Saya adalah salah satu keturunan dari Masagus lengkap dengan silsilah dan peninggalan-peninggalan dari Kesultanan Palembang diantaranya Meriam, Kris-kris dan Catur Gading Gajah yang merupakan upeti dari kerajaan India pada waktu itu.
Tetapi Mas Agus yang Kami miliki tidak disingkat Mgs dan disambung, karena untuk menandakan bahwa Kami bertahan melawan penjajah sampai dengan pertahan terakhirnya di Benteng Pulau Lepar Penutuk.
Adapun perjuangannya Kakek Saya Mas Agus Sulaiman bin Mas Agus Abdulrahman dan cerita juga bukti dari beliau yang masuk kedalam sejarah Bangka Belitung.
Untuk lebih lengkapnya bisa Kita saling berbagi Cerita untuk melengkapi Sejarah dari Kesultanan Palembang agar Kita tahu dari mana Kita berasal.
Demikian untuk kesempatan pertama Saya berikan dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

anandakemas - October 29, 2012

Silahkan Anda kirimkan terlebih dahulu salinan silsilah Anda ke alamat ananda_kemas@yahoo.co.id untuk kami teliti terlebih dahulu.

Terimakasih

10. Mgs Fauzan - November 9, 2012

Sya sedang mencari keturunan ke-8 dan sblm ny di atas saya,, saya sendiri mewarisi gelar “Masagus” dari Ayah, Yai, Kakek Yai,, dst.. Saya bermaksud ingin menulis kembali silsilah keluarga. Ayah saya berkata kalo gugukan dulunya di Kepandean.. Terimakasih sebelumnya..

anandakemas - September 9, 2013

Salam

Silahkan Anda kirimkan silsilah yang Anda miliki ke email saya di ananda_kemas@yahoo.co.id

Terimakasih

11. Kiagus acik ridho - November 12, 2012

Sy kgs A rasyid ridho, tinggal di kota lubuk Linggau,,saya berasal dr guguk kedukan arah tangga buntung dekat pelabuhan kapal fery.
Sy ingin menyammpaikan bhwa Untuk skrg ini byk dr tmn2 yg malu(khusus nya anak muda) memakai gelar trsbt coz g’ mw di katain ”uwong lamo” hehe

12. Mas Agus Muhammad Fahmi Fauzi - November 26, 2012

Maaf menurut Saya Anda tidak berhak menilai sendiri atas silsilah, bukannya tidak percaya.
Tetapi seumpamanya Anda mau,, anda bisa bertemu dengan Saya langsung.
Kalau Anda tidak mau ke Jakarta, Saya bisa ke Palembang.

anandakemas - November 26, 2012

Silahkan Anda temui saya langsung di kediaman saya kalau memang ingin berdiskusi. Hubungi saya melalui email kalau memang ingin membuat janji bertemu di ananda_kemas@yahoo.co.id

Sebagai informasi, saya tidak melakukan penilaian sendiri melainkan berdasarkan data yang saya dapat melalui penelitian di lapangan dan didukung oleh data sejarah dan kesaksian dari banyak keluarga zuriat Kesultanan Palembang Darussalam.

Terimakasih,
Salam

13. Kgs .Ahmad Ridwan - January 2, 2013

assalamu ‘alaikum…wr wb.
subhanallooh,,, dan alhamdulillaah lega raso nyo baca info ini..
lah lamo aku nyari asal mula gelar Kiagus ini,,alhamdulillaah ketemu sekarang..Allaahu Akbar…
nak nanyo samo dulur2 yg lbh tuo,uwongnyo lah dak katek…
iyo,emang bapak dari umur 15 thn lah ngerantau ke Jakarta…bru tahun brpo kmrn baru balek ke palembang….
trimo kasih,,,tas info nyo..
wassalam…….

anandakemas - January 3, 2013

Samo-samo. Biasonyo kalu nak usaha sedikit pasti ado anggota keluargo di Palembang yang pegang catatan silsilah. Cubo bae ditelusuri dulu karena masing-masing guguk di Palembang punyo asal-usul zuriatnyo masing-masing.

14. alvi apriayandi - May 6, 2013

Terimakasih atas informasinya, tapi yg jelas info ini membuat saya makin bangga menyandang gelar Kiagus. Berarti kita semua yg memiliki gelar ini bersodara.
Masalahnya yg terjadi pada diri saya gelar itu tidak ada dalam akte kelahiran saya. Orang tua saya bernama Kiagus Abu Bakar Hamid, dan beliau pernah cerita bahwa otomatis saya jg menyandang nama Kiagus. Saya minta pendapat apa yg harus saya lakukan untuk menjadikan gelar itu resmi sbg identitas saya. Tapi yg pasti anak saya sdh saya beri gelar tersebut mengingat bahwa saya tdk tertulis di akte kelahiran.
Terimakasi
Wasalam….

anandakemas - June 5, 2013

Salam.

Memang ada beberapa alasan sebagian zuriat Kesultanan Palembang Darussalam kemudian menanggalkan gelar mereka.

Namun selama Anda masih dapat membuktikan secara ilmiah dan ada datanya (bagan silsilah dsb) bahwa Anda merupakan salah seorang keturunan sah dari jalur laki-laki, Anda masih dapat mengembalikan gelar tersebut kepada anak-anak Anda.

Demikian, semoga menjawab kekhawatiran Anda.

Terimakasih

15. Kiagus Ferdian Akbar - May 6, 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.
Nama saya Kiagus Ferdian Akbar… saya lahir di kota Mataram, Nusa Tengga Barat… Jadi merasa bangga memiliki nama Kiagus… Kiagus everywhere… wah kalau suatu saat saya keluar kota mungkin bisa ketemu sama Kiagus yang lain ya :D

Saya sejak kecil memang sudah diberi tahu kalau kiagus itu gelar bangsawan yang berasal dari palembang… tapi ini pertama kali saya tertarik mencari tahu asal muasal Kiagus dan menemukan blog ini… wah saya merasa senang sekali… terima kasih infonya :D

Tapi masalah saya dengan alvi apriyandi terbalik… ayah saya yang bernama Zainal Arifin, memiliki ayah yang bernama Kiagus Alwi… Saya sendiri bingung kenapa ayah saya yang sejak awal bernama Kiagus Zainal Arifin sampai menghapus namanya sendiri… Mungkin ada yang bisa memberikan penjelasan? :D

Dari lubuk hati terdalam… saya merasa bangga dengan nama saya… :D

Wassalamualaikum Wr. Wb.

anandakemas - September 9, 2013

Wa’alaikumussalam wr wb

Ada banyak alasan mengapa seseorang menghapus nama gelar keturunannya. Mungkin Anda bisa bertanya langsung kepada ayah Anda untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti.

Terimakasih

16. nindadesember - May 18, 2013

Sangat bermanfaat..
baru saja saya menemukan pemaparan serupa tentang silsilah tersebut dalam situs http://www.sultanpalembang.com
Semoga menjadi manfaat juga bagi semua saja..
Maturnuwun,

Masayu Ninda Arum

anandakemas - September 9, 2013

Terimakasih dan salam kenal

17. soleh - July 1, 2013

terimo kasih infonyo,tapi cak mano samo keluargo aku ni,ebak(pangelan kakek) aku namonyo kgs rachmat namo abah aku kgs m fauzi,namo aku kgs m soleh,,kami sekeluargo besak tinggal di 14 ulu lorong tuan kapar,semaso hedupnyo kakek aku tu galak becerito tentang sejarah keluargo kami,rumah kakek aku di 14 ulu tu rumah nyo becak rumah limas betingkat tingkat apo artinyo itu mang numpang nayo bae///secaro aku lah dak tinggal di plg lagi lah merantau jaoh,,,,tolong yee

anandakemas - September 9, 2013

Salam

Untuk kijing/undakan dalam tradisi rumah limas Palembang, merupakan penanda batas tempat seseorang dalam suatu acara adat berdasarkan tingkat ketokohannya baik dari segi usia maupun keilmuannya.

Terimakasih

18. Yudia Laksamana Bin Mgs H Endung Abdul Rozak Karim - August 2, 2013

saya keturunan palembang dari Ayah yg menyandang gelar Mgs. dengan silsilah yang masih cukup terjaga menurut para orang tua jika anda menyandang gelar tersebut bisa terasa oleh hati anda sendiri yaitu anda selalu tidak senang akan ketidak adilan. begitulah yang ada dihati saya saat ini.

19. radjuddin - September 5, 2013

Kami dari Keturunan Kemas Radjuddin, tinggal di Desa Perajin Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin mohon info lengkap tentang Ayah dan Ibu serta saudara Kemas Radjuddin silsilahnya

anandakemas - September 9, 2013

Terimakasih sudah berkenan mampir dalam blog ini. Semoga informasi yang saya sampaikan melalui telpon kemaren cukup dapat membantu Anda dalam melakukan penelusuran sejarah keluarga Anda.

20. Mufti Hanif - January 21, 2014

Jika boleh bertanya sumbernya dari siapa saja ?

anandakemas - January 22, 2014

Salam

Sumbernya diambil dari beberapa catatan silsilah yang masih dipegang oleh zuriat Kesultanan Palembang Darussalam serta berbagai literatur sejarah.

21. arief rachman - March 30, 2014

Assalamu’alaikum.
Mohon maaf secara tidak sengaja saya mendapati laman ini di google.
Sebelumnya kakek saya yg berasal dr palembang bernama Kiagus Abdurrachman Karsoko Bin Kiagus Muhammad Dung, dan anak anak beliau yg lelaki diberi nama depan Kiagus dan yg wanita termasuk Ibu saya diberi Nama Nyayu. Saya jadi bertanya tanya apakah keluarga saya ini termasuk dalam jajaran kekerabatan Kesultanan Palambang Darussalam..terimakasih : )

anandakemas - April 28, 2014

wa’alaikumussalam

bila dilihat dari nama gelar yang digunakan oleh kakek Anda, memang termasuk dalam bagian kerabat Kesultanan Palembang Darussalam.

terimakasih

22. Faizal Aziz - April 8, 2014

Assalamualaikum
terima kasih atas informasinya.. dan mohon maaf admin, apakah admin memiliki informasi yg lebih detail anak-anak dari kiagus muhammad? nama lengkap saya Kiagus Muhammad Faizal Aziz.. dan ayah saya sering bercerita tentang keluarga kiagus.. saya pun sedang mencari silsilah keluarga saya.. saya sangat berterima kasih jika ada balasan langsung… Terima Kasih sebelumnya..

Wassalamualaikum

anandakemas - April 28, 2014

Wa’alaikumussalam

Kalau boleh tahu dari mana asal guguk cek Faizal?

Terimakasih

23. abifaqih - April 18, 2014

assalamualaikum,apakah ada dari anggota keluarga kesultanan yang berbesanan dengan keluarga kerajaan sunda misalnya padjadjaran?trims

anandakemas - April 28, 2014

Salam

Mohon maaf, saya kurang mengerti dengan maksud pertanyaannya. Kerajaan Sunda mana yang dimaksud? Kalau Padjadjaran jelas tidak, karena Kesultanan Palembang berdiri setelah masa runtuhnya Padjadjaran.

24. abifaqih - May 19, 2014

apakah ada nama raden muhammad rojikun dari tanah sunda yg menikah dgn putri palembang yg namanya dewi astari?soalnya ada kabar berkembang ditanah sunda seperti yg saya tulis?

anandakemas - June 13, 2014

Salam

Apakah Anda mengetahui nama ayah dan kakek dari putri Dewi Astari tersebut?

25. Arief Rachman - May 27, 2014

assalamu’alaikum maaf saya baru membaca balasan posting comment dari anda, apakah anda dpt membantu saya untuk mencari tahu silsilah keluarga saya yg saya baru mengetahui ketika dimulai dgn Kakek saya yg bernama Kiagus Abdurrachman Karsoko Bin Kiagus Muhammad Dung, dan Ibu saya yg bernama Nyayu Siti Takariningsih, karena sungguh sebuah informasi berharga apabila saya dpt mengetahui asal usul sejarah keluarga saya. terimakasih..
: )

anandakemas - June 13, 2014

Wa’alaikumussalam

Apakah Anda mengetahui dari guguk mana kakek Anda berasal dan siapa saja nama saudara-saudaranya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: